SISTEM PENDIDIKAN

[dt_fancy_title title=”Sistem Pendidikan” title_align=”left” title_size=”h2″ title_color=”accent” separator_style=”disabled”]

Sistem Pendidikan

Pesantren Husnayain Sukabumi

Pesantren Husnayain menegaskan JATI DIRI-nya sebagai pesantren, yakni sistem pendidikan Islam yang memadukan aspek keteladanan dan keilmuan selama 24 jam dalam sehari.

Pesantren Husnayain tidak mendikotomikan mata pelajaran keilmuan Islam (ulumuddin) dengan ilmu-ilmu umum, tetapi melakukan INTEGRASI DAN ISLAMISASI ilmu pengetahuan.

Untuk tujuan ini, Pesantren Husnayain mengajarkan kepada santrinya pelajaran pesantren dan pelajaran umum yang di adopsi dari Kementrian Pendidikan Nasional (DikNas) dengan memberikan beberapa modifikasi ketika pengajaran.

Masa Pendidkan

Jangka waktu pendidikan Pesantren Husnayain adalah 6 (Enam) Tahun. Setelah menyelesaikan masa pendidikan enam tahun, santri diberikan pembinaan tambahan selama satu tahun dengan mewajibkan mereka untuk mengajara di pondok almamater mereka atau di pondok-pondok lain. Tujuannya adalah untuk memdewasakan santri dan mematangkan ilmu yang mereka telah pelajari dengan cara mengajarkannya kembali.

Jika santri selesai menyelesaikan masa pendidikan selama enam plus satu tahun ini, maka santri tersebut berhak mendapatkan ijazah SMP dan SMA serta ijazah Pesantren.

Pesantren Tahfizh Husnayain Jakarta

Hampir sama dengan Pesantren Husnayain yang lainnya, hanya saja Pesantren Tahfizh Husnayain Jakarta (PH1J) lebih mengedepankan program tahfizhnya serta diiringi dengan kurikulum dan sistem Gontory.

Masa Pendidikan

Jenjang pendidikan di Pesantren Tahfizh Husnayain adalah selama 6 tahun. Dan setiap tahunnya, para santi diwajibkan menghafal 2 juz Al-Qur’an. Setelah menyelesaikan pendidikan tersebut, santri diberikan pembinaan tambahan selama satu tahun dengan mewajibkan mereka untuk mengajar di pondok almamater mereka.