Pramuka Husnayain 02 Cimanggu

SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN

Kode Kehormatan Pramuka terdiri atas janji yang disebut Satya Pramukadan ketentuan moral yang disebut Darma Pramuka.

Satya Pramuka adalah janji yang diucapkan secara sukarela sebagai pengikat diri pribadi demi kehormatannya untuk diamalkan.

Darma Pramuka merupakan kode etik bagi organisasi dan anggota Gerakan Pramuka. Nilai yang harus dihayati, dimiliki, dan diamalkan dalam kehidupan oleh setiap anggota Pramuka.

Kode Kehormatan bagi Pramuka Penggalang

1. Bunyi lengkap Janji untuk golongan Penggalang :

Trisatya

”Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, menolong sesama hidup, dan mempersiapkan diri membangun masyarakat, serta menepati Dasadarma”

Janji Penggalang dan Penegak, Pandega, serta Pembina memiliki nama yang sama yaitu Trisatya. Namun terdapat perbedaan pada bunyinya. Letak perbedaannya adalah, pada janji golongan Penggalang terdapat penggalan berbunyi “… mempersiapkan diri membangun masyarakat, …”sedangkan pada golongan Penegak, Pandega, dan Pembina berbunyi “… ikut serta membangun masyarakat, …”

2. Ketentuan Moral yang disebut Dasa Darma yang selengkapnya berbunyi :

Dasa Darma Pramuka:

Taqwa kepada Tuhan Yang Maha EsaCinta Alam dan kasih sayang sesama manusiaPatriot yang sopan dan ksatriaPatuh dan suka bermusyawarahRela menolong dan tabahRajin terampil dan gembiraHemat cermat dan bersahajaDisiplin berani dan setiaBertanggung jawab dan dapat dipercayaSuci dalam pikiran berkataan dan perbuatan

MOTTO GERAKAN PRAMUKA

Motto Gerakan Pramuka adalah “ SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN “

Diartikan secara bebas, motto Gerakan Pramuka memiliki arti setiap janji yang telah diucapkan menjadi ketetapan yang harus ditepati dan dilaksanakan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *