Kegiatan sepekan bersama kyai santri dan santriah kelas akhir 1437 H / 2016 M

Ila-l-liqoo fii baitina ma’had Husnayain (sampai bertemu dirumah kita pesantren Husnayain)”itulah kata yang diucap Pimpinan Umum Pesantren Husnayain, buya KH. Ahmad Cholil Ridwan Lc kepada santriyin dan santriyat Kelas Akhir 1437 H / 2016 M di teras masjid Abu Bakar Shiddiq, Pesantren Husnayain 01 Pekayon Pasar Rebo Jakarta Timur pada hari rabu 26 Sya’ban 1437 H / 1 Juni 2016 M.

Setelah sepekan mengikuti kegiatan kyai yang merupakan rentetan dari kegiatan kelas terakhir, para santri dan santriah kelas akhir kembali pulang kerumah masing – masing, santri putra pulang kerumah Pesantren Husnayain 02 Cimanggu dan santriah putri pulang kerumah Pesantren Husnayain 04 Babakan Sukabumi. “Benar, rumah mereka adalah Pesantren Husnayain, sedangkan rumah yang selalu mereka tuju saat libur adalah rumah milik orang tua mereka” itulah wejangan yang selalu diberikan para pengasuh pondok kepada seluruh santri maupun santriah baik dari kelas satu sampai kelas akhir sebagai salah satu cara penanaman rasa kepemilikan terhadap Pesantren.

Sepekan bersama kyai atau dalam bahasa arab usbu’ ma’a kyai atau sering disingkat menjadi UMK, adalah salah satu kegiatan dari banyaknya kegiatan akhir santri santriah kelas akhir atau kelas VI. Kegiatan tersebut mewajibkan mereka selama sepekan mengikuti kegiatan kyai baik yang formal seperti mengikuti kegiatan ceramah kyai dan rapat dikantor Dewan Da’wah Islamiyah ataupun yang tidak formal seperti kerja bakti bersama dan pengajian subuh pada hari sabtu.Pokoknya,selama UMK mereka selalu bersama kiyai,dimana ada kiyai disitu ada mereka.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *